logo

Allah Tempat Bergantung Segala Urusan | Konsultasi Muslim



Ketika kau ditimpa musibah,maka ketahuilah sahabat,tidak ada tempat bersandar yang paling kuat kecuali dia (Allah). Bersandar di sebatang pohon, maka pohon akan lapuk,jika kau bersandar kepada orang, maka orang akan mati. Tapi jika kau bersandar kepada dia (Allah)حي لا بموت  Dia hidup dan tidak akan pernah mati untuk selamanya. يا حي يا قيوم  Yang maha hidup dan berdiri sendiri.

 

Maka saat kau ditimpa musibah, bersandarlah hanya kepada Allah jangan kepada makhluknya karna dialah yang mendatangi kan musibah itu dan dialah pemberi solusi dari musibah itu.

 

Allah berfirman :

 

وَبَشِّرِ الصَّابِرِيْنَ. الَّذِيْنَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ. أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ

 

Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan : 'Inna lillahi Wa Inna ilaihi Roji'un.' Mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Rabb mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.(QS.Al-Baqoroh : 155-157).

 

Terkadang seorang ustadz menasehati orang lain agar bersabar ketika ditimpa musibah dan disuruh mengucapkan Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rooji'un. Akan tetapi ketika yang ditimpa musibah adalah dirinya, maka ayatnya hilang, hadist yang dia hafal hilang.Muka pucat karna orang yang dia sayang telah dipanggil oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

 

Maka disitulah kita memerlukan bantuan saudara kita mengingatkan kepada kita dan membisikkan di telinga kita kalimat : Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rooji'un : "Sesungguhnya kami milik Allah, dan hanya kepada nya kami akan dikembalikan."

 

Ketika kau ditimpa musibah,bergantunglah hanya kepada Allah, kau sedang galau mengadulah kepada Allah, karna dialah yang mampu menyelesaikan segala urusan mu.

 

Allah berfirman :

 

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

 

Sesungguhnya urusannya nya apabila dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya : Jadilah! Maka jadilah dia. (QS. Yasin : 82).

 

Maka jadikan Allah sebagai penolong mu dan jadikan lah Allah tempat bergantung segala urusan mu.


Semoga bermanfaat.


Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.