logo

Akan di azab orang yang menyiksa kucing | Konsultasi Muslim




Akhi, Ukhti…

Sayangilah binatang, terutama kucing yang menjadi kesayangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Jika kucing itu jahat, janganlah kau siksa dia dengan siksaan yang keji. Mungkin dia lapar ikhwah, sebagaimana manusia lapar, begitu juga hakikatnya binatang, mereka juga punya lapar. Jangan siksa mereka.


Apa yang mereka harapkan? tidak lain hanya sisa-sisa nasi darimu wahai manusia, hanya tulang-tulang ikan yang kau makan yang tak kau sukai, maka ketika kau ingin membuangnya, ingatlah ada yang sedang menanti secuil rizki melalui dirimu. Maka berikan kepada kucing atau kepada binatang yang ada di dekatmu. Jangan siksa mereka karna kucing itu nakal. Mungkin dia lapar ikhwah. Iba hati ini melihat kucing yang kelaparan, iba ketika kucing di siksa.


Ingatlah...!!! Mereka juga makhluk Allah, yang jika engkau siksa dia, maka kau juga akan mendapat kan azab Allah di dalam neraka jahannam nanti.


Sebuah Kisah yang diceritakan di dalam sebuah Hadist yang mungkin bisa menjadi bahan renungan bagi kita semua.


Dari Nafi' dari Abdullah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :


حدثني عبد الله بن محمد بن أسماء بن عبيد الضبعي.حدثنا جويرية عن نافع,عن عبد الله,أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : عذبت امرأة في هرة.سجنتها حتى ماتت.فدخلت فيها النار.لا هي أطعمتها و سقتها,و لا هي تركتها تأكل من خشاش الأرض.رواه مسلم,شرح صحيح مسلم,كتاب البر و الصلة و الآداب,باب تحريم تعذيب الهرة و نحوها,من الحيوان الذي لا يؤذي,رقم ,2242 : صفحة 141-142 :


“Seorang wanita di azab karena mengazab kucing. Dia memenjarakannya hingga mati. Maka wanita ini masuk neraka. Karena dia tidak memberi makan kucing itu dan tidak memberinya minum, jadi dia memenjarakannya. Dan tidaklah dia meninggalkan apapun pada kucing itu, kecuali kucing itu makan dari kerikil dan serangga tanah yang ada didekatnya.” (HR. Muslim) Syarah Shahih Muslim, Kitaabul Birri was Shilati wal Aadaabi, Baabu Tahriimi Ta'ziibil Hirroh Wa Nahwiha, Minal Hayawaani Alladzi Laa Yu'dzi, hadist no. 2242, halaman 141-142.


Akhi, Ukhti!!!


Betapa dahsyatnya ancaman dan azab bagi orang yang mengazab kucing di dunia ini. Sehingga Allah pun murka terhadapnya. Hewan merupakan makhluk Allah yang harus di jaga kelestariannya, tidak mengazabnya apalagi membunuhnya, kecuali hewan-hewan yang di perintahkan untuk di bunuh.


Kadang-kadang, ada orang yang masuk surga karena memberi makan hewan yang sedang kelaparan dan kehausan. Dan kadang-kadang juga ada orang yang masuk neraka karena mengazab dan memenjarakan hewan sampai mati. Na'udzubillah Tsumma Na'udzubillah.

Sungguh besarnya siksaan Allah nanti di neraka bagi orang yang menyiksa hewan sewaktu di dunia. Apalagi sampai memenjarakannya dan mati. Dan ingatlah, setiap yang kita lakukan pasti akan di mintai pertanggung jawabannya di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.