logo

5 Golongan yang Pahalanya diambil Orang di Akhirat Nanti | Konsultasi Muslim



Sungguh kasihan 5 golongan yang diambil pahalanya oleh orang lain, sudah lah tidak bisa masuk surga, eh pahala diambil orang lain pula. Siapakah 5 orang tersebut?

Dari Abu Hurairah rodhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

أَتَدْرُوْنَ مَا الْمُفْلِسُ؟ قَالُوْا: الْمُفْلِسُ فِيْنَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ. فَقَالَ: إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ، وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا، فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ. فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ، أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ

"Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu? Mereka menjawab : "Orang yang bangkrut di kalangan kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak pula memiliki harta/barang. Rasulullah bersabda : "Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun dia juga datang dengan membawa dosa kedzaliman. Dia pernah mencela si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang itu. Maka sebagai tebusan atas kedzalimannya tersebut, diberikanlah di antara kebaikannya kepada si ini ,si anu dan si itu. Hingga apabila kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didzaliminya sementara belum semua kedzalimannya tertebus, diambillah kejelekan/ kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian dia dicampakkan kedalam neraka." (HR. Muslim, hadist no. 6522).

Lima orang tersebut adalah:

1. Mencela sesama muslim dengan perkataan kasar.

2. Menuduh tanpa bukti.

3. Memakan harta orang lain.

4. Menghalalkan (membunuh) sesama muslim.

5. Memukul orang lain tanpa ada kesalahan apapun.

Innalillahi wa Inna Ilaihi Roji'un, sungguh kasihan 5 golongan ini. Sudahlah jatuh, malah tertimpa tangga pula, sudahlah memberikan pahalanya kepada orang lain, eh malah nanti kalo pahalanya habis dia akan mengambil dosa orang yang dia dzolimi.

Maka sadarlah ikhwah fillah, sebanyak apapun amalan kebaikan mu,tapi jika kau sering menggibah temanmu, ulama mu, sering memfitnah, mencaci maki, kelak amal banyak itu tiada berguna sedikit pun dan bahkan dosa yang kau fitnah, akan kau tanggung dihadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Allah berfirman :

يَوْمَ لَا يَنفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُون (َ88) إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ (89)

“Pada hari itu tidak ada gunanya harta dan anak-anak laki-laki. Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” (QS. As-Syu'ara' : 88-89).

Na'udzubillahya Allah, jauhkanlah kami dari yang 5 golongan ini. Aamiin.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.