logo

3 Cara Agar Lebih Semangat Dalam Hijrah | Konsultasi Muslim




Di dalam berhijrah tentunya tidak akan berjalan mulus, pasti ada saja rintangan yang dihadapi dan masalah yang datang kepada seorang muslim yang baru hijrah. Dan semua itu adalah bentuk kasih sayang Allah kepada hambanya.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إذا أحَبَّ اللهُ قومًا ابْتلاهُمْ

Jika Allah mencintai suatu kaum maka mereka akan diuji. (HR. At-Thobroni, kitab Mu'jamul Ausath, hadist no. 302.).

Dan memang tingkat iman seorang Muslim tidak selamanya naik, tapi terkadang ada turunnya. Maka dari itu Imam Muslim membuat sebuah bab di dalam kitab Shahih Muslim :

الإيمان يزيد وينقص

Iman itu bisa naik dan bisa turun

Iman itu terkadang bisa naik dan bisa turun. Tergantung bagaimana situasi hati dan lingkungan tempat berada.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ لِكُلِّ عَمَلٍ شِرَةً وَلِكُلِّ شِرَةٍ فَتْرَةً فَمَنْ كَانَتْ شِرَتُهُ إِلَى سُنَّتِى فَقَدْ أَفْلَحَ وَمَنْ كَانَتْ فَتْرَتُهُ إِلَى غَيْرِ ذَلِكَ فَقَدْ هَلَكَ

Ingatlah setiap amalan itu ada masa semangatnya. Siapa yang semangatnya dalam koridor ajaranku, maka ia sungguh beruntung. Namun siapa yang sampai futur (malas) hingga keluar dari ajaranku, maka dialah yang binasa. (HR. Ahmad, hadist no. 188).


Lalu bagaimana cara agar pemuda pemudi islam semangat dalam hijrahnya?

Hal yang dilakukan agar tetap semangat dan istiqomah adalah :

1. Menuntut ilmu agama, baik secara formal (di sekolah) maupun non formal (pengajian) dan sebagainya.

Karena dengan ilmu agama, seseorang bisa membedakan antara yang haq dan batil. Dan bisa lebih mendekatkan seorang muslim kepada Allah dengan ilmu yang dia punya. Dan jika dia mempunyai ilmu, maka Allah pun akan mengangkat derajatnya.

Allah berfirman :

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

"Allah akan meninggikan orang2 yang beriman di antaramu dan orang2 yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mujadilah : 11)."

Dengan ilmu agama, dia akan selalu bersemangat dalam beribadah kepada Allah karena dia tau besarnya pahala ketika dia beribadah kepada Allah.

2. Membuat Komunitas Hijrah.

Seorang muslim dan muslimah yang baru hijrah hendaklah masuk kedalam komunitas anak muda hijrah. Kenapa? Karena satu sama lain akan saling menguatkan disebabkan mereka sama-sama baru hijrah.

Jika Si A semangat nya kendor, maka akan di ingatkan oleh teman-teman yang lainnya. Begitupun jika imannya turun ataupun menyimpang dari jalan yang lurus , maka teman-teman yang lain akan mengingatkan nya dan akan meluruskan kembali seperti semula. Itulah gunanya kita harus berjama'ah.

Allah berfirman :

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى  الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. (QA. Al-Maidah : 2)."

Nah, tolong menolong dalam kebaikan antara sesama muslim dianjurkan di dalam Islam. Karena itu akan lebih menguatkan imannya dan tidak goyah lagi ketika ada teman yang mengingatkan nya.

3. Mencari teman yang baik dan sholeh.

Dalam berhijrah hendaklah seorang muslim mencari teman yang sholeh, setidaknya bisa membantu dia dalam keta'atan kepada Allah, bukan malah menjerumuskan nya ke dalam kemaksiatan.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

المرء على دين خليله فلينظر أحدكم من يخالل

"Seseorang itu menurut agama teman dekatnya, maka hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya. (HR. Tirmidzi)."

Jika seorang Muslim mendapatkan teman yang baik dan sholeh, maka insyaAllah akan lebih meneguhkan imannya, membuatnya istiqomah dalam hijrahnya serta lebih bersemangat lagi dalam menjalani ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala insyaAllah.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Fastabikul Randa Ar-Riyawi

Tags

Beliau adalah lulusan S1 Syariah, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah di salah satu Universitas di Surabaya. Saat ini, beliau aktif sebagai Pembimbing Grup-grup Kajian Islam di Whatsapp. Dan beliau juga aktif menulis di blog konsultasimuslim.net, sekaligus sebagai Pengelola blog konsultasimuslim.net.